Pengertian Sistem Operasi dan Contohnya Lengkap

Pengertian Sistem Operasi dan Contohnya Lengkap

Pengertian Sistem Operasi dan Contohnya Lengkap - Update Postingan Kali ini Info-Kita.net Akan Berbagi Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang Pengertian Sistem Operasi dan Contohnya Lengkap, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua. Lebih Jelas dan Detail Baca Selengkapnya.

Update Tekno - Pengertian Sistem Operasi dan Contohnya Lengkap, sebelum kita masuk lebih jauh tentang sistem operasi tentu anda semua tahu bahwa komputer/laptop yang anda gunakan ini adalah bagian dari sistem operasi tersendiri, Sistem operasi merupakan salah satu komponen yang paling penting dari setiap sistem komputer. Ini adalah sistem yang menjalankan komputer di tingkat yang paling dasar. Tanpa sistem operasi, komputer adalah sebuah kotak tak bernyawa.

Memahami sistem operasi sangat penting untuk setiap pengguna komputer. walaupun hanya memahami dasarnya saja. sistem operasi  telah banyak digunakan untuk komputer. Tiga jenis utama dari sistem operasi saat ini adalah Microsoft Windows, Apple Mac OS X, dan Linux, dan mereka semua berbagi struktur visual yang sama.



Pengertian Sistem Operasi dan Contohnya Lengkap


Pengertian Sistem Operasi dan Contohnya Lengkap - Sistem operasi terkemuka di dunia sekarang dimiliki oleh Microsoft. Yang terbesar kedua adalah Macintosh, Linux dan terakhir. Semua dari mereka memiliki pro dan kontra, tapi yang terbaik untuk menggunakan hanya dapat ditentukan oleh preferensi Anda sendiri.

Semua komputer yang dijual di pasaran saat ini memiliki sistem operasi dimuat terinstal tapi ini tidak membatasi Anda dari menginstal versi lain dari Windows sebagai gantinya.

Apa itu sistem operasi?

Sebuah sistem operasi, juga dikenal sebagai OS, adalah software yang memungkinkan semua pengguna untuk berinteraksi dengan komputer. Perangkat lunak ini membuat antarmuka pengguna grafis yang disebut GUI Yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menavigasi komputer.

Tanpa ada sistem operasi menjalankan komputer Anda,  Ini hanya akan menjadi perangkat keras tanpa perangkat lunak, seperti mobil tanpa setir. Ini memiliki mesin dan perangkat keras untuk menjalankan, tetapi Anda dapat?  mengendarainya. Kedua harus hadir dan fungsional pada saat yang sama. Untuk alasan ini, sistem operasi adalah software yang paling penting yang berjalan pada komputer.

Apa itu Sistem Operasi?? Sistem Kerjanya?

admin telah menjelaskan secara sederhana untuk pertanyaan ini yang akan membantu membuat anda lebih mudah untuk memahami dan mengingat? Ada tiga fungsi utama untuk sistem operasi yang membungkus semua pekerjaan nya:

1. Fungsi sebagai mediator
Sistem operasi membuat komunikasi yang konstan dengan perangkat keras internal (CPU, memori, perangkat penyimpanan, dll) untuk menyediakan eksekusi efisien program lain. Ini berarti berfungsi sebagai mediator antara hardware dan software yang berjalan dalam sistem operasi.

Misalnya, jika Anda membuka dokumen word, dokumen baru atau file akan membutuhkan sumber daya tertentu dari perangkat keras seperti memori, ruang dari hard drive, sumber daya grafis dari kartu video, dan daya proses dari CPU untuk memproses informasi. Sistem operasi kemudian, mengkoordinasikan semua tugas ini sekaligus untuk memastikan dokumen (dalam contoh ini) mendapatkan apa yang dibutuhkan untuk jumlah waktu yang tetap dibuka.
   
2. Fungsinya sebagai wadah
Ini berfungsi sebagai wadah karena setiap program yang diinstal di komputer tidak dapat diinstal di luar sistem operasi. Hal ini mirip dengan motherboard yang bertindak sebagai jembatan komunikasi untuk semua bagian dalam komputer karena semua bagian harus menyambung ke sana untuk bekerja. Cara yang sama semua perangkat lunak hanya dapat diinstal atau dijalankan melalui sistem operasi sehingga OS dapat bertindak sebagai jembatan komunikasi dengan perangkat keras.
   
3. Fungsi sebagai penerjemah
Terakhir karena kita tidak berbicara bahasa yang sama seperti komputer lakukan (kode biner), OS menerjemahkan kode ini "0s" dan "1s" dalam bentuk yang semua orang bisa memahami (ini akan menjadi antarmuka pengguna grafis Anda) yang adalah apa yang Anda layar komputer menampilkan menggunakan kombinasi grafis dan teks.

Contoh-contoh Sistem Operasi 

Windows 8



Linux Ubuntu



Mac OS X




Nah, demikian merupakan informasi seputar Pengertian Sistem Operasi dan Contohnya Lengkap, semoga artikel diatas dapat bermanfaat buat anda sekalian.

Sumber

Demikianlah informasi yang dapat Info-Kita.net sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel Pengertian Sistem Operasi dan Contohnya Lengkap