Masalah Yang Sering Terjadi Pada Power Steering Mobil

Masalah Yang Sering Terjadi Pada Power Steering Mobil

Masalah Yang Sering Terjadi Pada Power Steering Mobil - Halo Sobat Semua gimana Kabarnya Hari Ini Semoga Sehat dan Lancar Dalam Menjalankan Aktifitas Sehari harinya. Oke Pada Postingan Kali ini Blog Info-Kita.net Akan Berbagi Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang Masalah Yang Sering Terjadi Pada Power Steering Mobil, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua.

Mobil-mobil keluaran baru biasanya sudah dilengkapi dengan EPS (elektric power steering) sehingga kemudi menjadi ringan. Namun pada mobil lama biasanya masih memakai power steering hidrolik yang menggunakan cairan yang dipompakan sehingga memberikan tekanan pada rumah setir. Pompa digerakkan oleh mesin melalui V-belt.
Masalah yang biasanya terjadi pada power steering hidrolik adalah kebocoran yang disebabkan karena ausnya seal pada rumah setir. Sehingga mau tidak mau pemilik mobil harus menambahkan oli power steering setiap saat.

biaya service power steering

Ada beberapa hal yang menyebabkan hal tersebut terjadi, diantaranya:

1. Usia komponen.

Pada komponen yang berusia lebih dari 5 tahun atau jarak tempuhnya sudat mencapai 100.000+ km, masalah yang biasanya muncul adalah terjadi kebocoran. Dan ketika setir diputar saat mesin menyala, akan timbul suara dengung. Untuk mengatasi masalah tersebut untuk sementara waktu, bisa dengan menambahkan oli power steering.
Untuk lebih lanjutnya, ganti seal yang bocor, bersihkan As pegas setir.

2. Boot rack steer robek.

Hal tersebut bisa terjadi saat melewati jalan rusak. Selain itu, karena komponen tersebut terbuat dari karet, akan mudah aus dan rusak/pecah. Jangan biarkan hal tersebut terjadi karena akan menyebabkan air dan kotoran masuk sehingga As setir akan berkarat.

3. Salah mengisi cairan.

Sebagian orang mengira cairan power steering sama dengan cairan untuk rem dan kopling. Padahal dua cairan tersebut berbeda cara kerja dan fungsinya.

4. Pemakaian yang tidak wajar.

Biasanya terjadi pada mobil yang dipakai untuk balap, slalom dan drifting atau sering bermanuver secara ekstrem pada kecepatan tinggi. Akibatnya, tekanan cairan pada sirkuit power steering menjadi sangat tinggi dan panas. Semakin sering diperlakukan seperti itu, selang akan rusak dan bocor.
kerusakan power steering bocor

Untuk servis ataupun perbaikan, penggantian seal bisa memakan waktu 3 jam dengan biaya Rp 150.000 - 450.000. Namun jika terjadi kerusakan pada mekanis, misalnya as power steering, biaya bisa mencapai Rp 2 juta.

Tags : kerusakan power steering pada mobilpower steering mobil, power steering bocor, biaya service power steering

Sumber

Demikianlah informasi yang dapat Info-Kita.net sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel Masalah Yang Sering Terjadi Pada Power Steering Mobil