Penyakit Tangan, Kaki, dan Mulut (HFMD)

Penyakit Tangan, Kaki, dan Mulut (HFMD)

Penyakit Tangan, Kaki, dan Mulut (HFMD) - Update Postingan Kali ini Info-Kita.net Akan Berbagi Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang Penyakit Tangan, Kaki, dan Mulut (HFMD), semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua. Lebih Jelas dan Detail Baca Selengkapnya.


Penyakit tangan, kaki, dan mulut atau sering dikenal dengan hand, foot and mouth disease(HFMD) dan tak jarang juga disebut sebagai Flu Singapura karena sering juga gejalanya disertai dengan flu.
Penyakit tangan, kaki, dan mulut / HFMD / Flu singapura merupakan penyakit infeksi oleh virus yang dapat menular. Virus yang biasanya menjadi penyebab yaitu virus coxsackie A  and enterovirus 71 (EV-71).
Gejala Penyakit tangan, kaki, dan mulut / HFMD / Flu singapura
Penyakit tangan, kaki, dan mulut ditandai dengan gejala demam ringan, nyeri daerah mulut, dan disertai ruam yang melepuh. Gejala awal biasanya demam, nafsu makan menurun, tenggorokan terasa tidak nyaman dan sakit. Gejala-gejala tentunya dapat membuat bayi atau balita menjadi rewel.
flu singapura atau penyakit kaki tangan mulut HFMD
Ketika demam timbul satu atau dua hari berikutnya mulai muncul nyeri pada daerah mulut berupa bintik-bintik merah kecil yang dapat melepuh. Pada awalnya, bintik merah tidak melepuh, namun dalam 24-48 jam akan makin membesar seperti bisul dan kemudian melepuh. bintik-bintik merah juga muncul di telapak tangan, telapak kaki, bahkan bokong bisa gatal bisa juga tidak.
Gejala-gejala tersebut tidak selalu muncul semua dalam setiap kasus, karena sebagian penderita bisa saja hanya memiliki ruam dan sebagian lainnya merasakan sakit dan luka-luka seperti sariawan pada mulut.
Tidak ada pengobatan khusus untuk penyakit tangan, kaki, dan mulut ini. Pengobatan yang diberikan berupa simtomatis saja dalam artian diberikan perawatan untuk meredakan gejala-gejala yang muncul seperti demam, dan nyeri. Karena penyakit ini disebabkan oleh virus maka upaya yang dapat dilakukan yaitu berusaha meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya dengan menonsumsi vitamin C. Penyakit Tangan, Kaki, dan Mulut ini dapat sembuh dengan sendirinya (self limited disease).
Mencegah adalah lebih baik daripada mengobati. Cara mencegah Penyakit Tangan, Kaki, dan Mulut yaitu selalu melakukan gaya hidup sehat dengan selalu menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan terutama kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir ketika sesudah melakukan aktivitas dan sebelum makan.
Melalui artikel ini, saya harap Anda sudah mengerti tentang : cara mencegah hfmd, cara mencegah hmfd

Catatan : Untuk Mengunjungi Artikel Asli Silahkan Anda Menuju Link yang ada Dalam Artikel ini

Demikianlah informasi yang dapat Info-Kita.net sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel Penyakit Tangan, Kaki, dan Mulut (HFMD)