Guru Mutasi Datang, Guru Honor Pergi

Guru Mutasi Datang, Guru Honor Pergi

Mutasi alih jenjang yang mencapai ratusan guru SMP/SMA/SMK menjadi guru SD oleh Disdik Kota Banjarmasin telah dilaksanakan sejak tanggal 7 dan 8 Januari 2013 dengan berbagai protes baik oleh guru itu sendiri maupun oleh sekolah tujuan ternyata juga memiliki dampak lain, yaitu ketika seorang guru mutasi datang dan menyerahkan SK maka dalam hitungan jam seorang guru honor diberhentikan dengan istilah cantik 'Non Aktif'. Imbas lainnya berdasarkan data di lapangan ternyata ada SD yang menolak kedatangan seorang guru SMA, ada nego yang bisa mengembalikan guru tidak jadi dimutasi dan kembali ke sekolah asal, ada pengalihan nama usulan sekolah dengan data yang terdapat di Disdik. Dan, yang paling mengharukan adalah acara pisah sambut antara seorang guru mutasi dengan guru honor yang sudah 6 tahun lebih mengabdi di sekolah untuk bertukar SK. Masya Allah, bagaimana ibu guru itu menjelaskan pada suaminya dan anaknya soal pemberhentian yang sangat mendadak ini. Bagaimana pula aspek materiil dan moral yang menjadi beban jika sang ibu guru adalah tulang punggung ekonomi keluarga. Selama ini kita semua memahami bahwa kekurangan guru SD menjadi lahan kerja tenaga honor. Fenomena ini sudah berlangsung puluhan tahun - sehingga kekeluargaan yang dibagun juga sangat akrab - namun karena SK mutasi guru alih jenjang datang, maka kekerabatan itu pun jadi sirna.


Apabila perencanaan dalam pemetaan guru sebagaimana dicanangkan oleh Disdik Kota Banjarmasin tidak berpedoman secara benar pada petunjuk teknis SKB 5 Menteri dan sangat kental dengan kerja serampangan atau hanya memudahkan aspek pengerjaan saja. Maka, nilai tranparansi data dan gugatan akan terus bergema. Alangkah baiknya disusun terlebih dahulu Peraturan Walikota (Perwali) sebagai payung hukum dan dasar pijakan melakukan pemataan dan mutasi alih jenjang ini sehingga ada antisipasi yang kuat dalam bekerja. Perwali tentang pemetaan guru ini juga penting sebagai jaminan bagi perkembangan kinerja di masa depan karena menyangkut kompetensi mengajar yang berbeda serta sertifikasi jabatan yang disandangnya. Bagaimana masa kerja guru setelah mutasi dari guru mata pelajaran menjadi guru kelas - lantas mengapa ini belum terencana dengan baik dan melaksanakan pemetaan guru yang cukup komplek ini hanya berdasarkan buku panduan saja. Maafkan kami yang datang membawa SK mutasi kalau sampai guru honor pergi dan dirumahkan.

Sumber : http://feedproxy.google.com/~r/handilbakti/~3/HJtN02TQkmM/guru-mutasi-datang-guru-honor-pergi.html

Demikianlah informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel Guru Mutasi Datang, Guru Honor Pergi