CONTOH PENELITIAN SOSIAL KELAS XII IPS PENGARUH LINGKUNGAN RUMAH

CONTOH PENELITIAN SOSIAL KELAS XII IPS PENGARUH LINGKUNGAN RUMAH

CONTOH PENELITIAN SOSIAL KELAS XII IPS PENGARUH LINGKUNGAN RUMAH - Postingan Kali ini Info-Kita.net Akan Berbagi Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang CONTOH PENELITIAN SOSIAL KELAS XII IPS PENGARUH LINGKUNGAN RUMAH, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua. Lebih Jelas dan Detail Baca Selengkapnya.

PENGARUH LINGKUNGAN RUMAH TERHADAP PRESTASI SISWA DI SMA N 1 JERUKLEGI TAHUN 2013



Disusun Oleh : 

Grizenzio Orchivillando
Kelas : XII IPS 1

No Absensi : 19


DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA SMA NEGERI 1 JERUKLEGI KABUPATEN CILACAP

2013

 


KATA PENGANTAR


Syukur alhamdullilah penulis panjatkan kehadirat Allah S.W.T yang telah melimpahkan rahmat  taufik dan hidayahnya kepada penulis sehingga meyelesaikan tugas penelitian yaitu melaksanakan Penelitian dan Pembuatan Laporan hasil penelitian tersebut dengan baik. Penyusunan laporan ini untuk memenuhi Tugas dan laporan ini dalam bentuk yang isinya sederhana.

Semoga penelitian ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan , petunjuk, maupun pedoman bagi pembaca dalam kehidupan sehari-hari. Harapan saya semoga penelitian ini membantu manambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembacanya, sehingga dapat memperbaiki bentuk maupun isi penelitian ini, sehingga kedepannya bisa menjadi lebih baik. Penelitian ini saya akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang saya miliki masih sangat kurang.

Oleh Karena itu saya harapkan kepada apara pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan penelitian ini. Akhir kata penulis mengharapkan agar penelitian ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan menambah wawasan Ilmu Pengetahuan.


Wasallamualaikum WR. WB



Daftar Isi


·      Kata Pengantar


·      Ucapan Terima Kasih


·      Persembahan Untuk Guru dan Siswa


·      Motto Hidup


·      Persetujuan


·      Bab 1 Latar Belakang


·      Bab 2 Kajian Teori


·      Bab 3 Metodologi


·      Angket







Ucapan Terima Kasih



   

          Penulis menyampaikan  ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:


·       Allah SWT atas limpahan dan karunia dan hidayahnya sehingga Penulis dapat menyelesaikan penelitian


·       Bapak  Sugimin Spd selaku pembimbing utama


·       Bapak Kepala SMA N 1 Jeruklegi Drs. Bangun Sukarjo, MM.Pd    


·       Guru-guru SMA N 1 Jeruklegi


·       Siswa-siswi SMA N 1 Jeruklegi atas kerjasamanya selama mengerjakan penelitian


·       Kedua orang tua saya yang telah membantu dan mendukung saya dalam mengerjakan penelitian ini


·       Dan Website penyedia informasi yang baik.







Persembahan



Laporan ini saya persembahkan kepada:


1.    Orang tua saya tercinta


2.    Bapak Drs. Bangun Sukarjo, MM.Pd


3.    Bapak Sugimin Spd selaku Guru Pebimbing SMA N 1 Jeruklegi


4.    Semua yang telah mendukung kegiatan ini


5.    Siswa Siswi SMA N 1 Jeruklegi Cilacap










Motto Hidup




Orang-orang hebat di bidang apapun bukan baru bekerja karena mereka terinspirasi, namun mereka menjadi terinspirasi karena mereka lebih suka bekerja. Mereka tidak menyia-nyiakan waktu untuk menunggu inspirasi




“Ernest Newman”






Persetujuan



Kepala SMA N 1 Jeruklegi                                Guru Pebimbing




Drs. Bangun Sukarjo, MM.Pd                                   Bapak Sugimin Spd

                                                              


Peneliti



Grizenzio Orchivillando



PENGARUH LINGKUNGAN RUMAH TERHADAP PRESTASI SISWA DI SMA N 1 JERUKLEGI TAHUN 2013

BAB 1

·        Latar Belakang

Pengertian Lingkungan Rumah

              Lingkungan rumah adalah tempat tinggal yang kita tempati dan merupakan temat untuk melakukan kegiatan di rumah. Lingkungan yang nyaman yaitu Lingkungan yang tidak membuat kita bosan dan selalu membuat kita merasa senang.

Pada sekarang ini banyak sekali siswa yang kurang berprestasi karena kemalasannya untuk belajar kebanyakan para siswa lebih asik untuk pergi bermain bersama teman temannya atau juga bermain HP, Game, Facebook, Twitter dan lainnya.

              Hal itu menyebabkan siswa malas untuk belajar, kegiatan di rumah juga bisa mempengaruhi prestasi belajar di sekolah. Apabila siswa sirumah banyak kegiatannya untuk membantu orang tua juga bisa mempengaruhi belajarnya. Apabila mempunyai orang tua yang sibuk pekerjaanya dan sebaiknya orang tua dirumah harus selalu memberi perhatian dan menasehati anaknya untuk rajin belajar agar prestasi di sekolah bagus. Orang tua akan bangga  apabila anakanya berprestasi di sekolah.

              Apabila orang tua tidak pernah peduli dengan anaknya biasanya anaknya akan malas belajar dan prestasi di sekolah akan menurun. Siswa yang hidup dalam lingkungan yang kurang mendukung kegiatnya untuk belajar akan menganggu pikirannya untuk konsentrasi pada belajarnya dan lingkungan yang kurang nyaman bisa mempengaruhi kelakuan siswa atau tingkah lakunya. Lingkungan rumah yang efektif membuat kita menjadi nyaman dan tenang adalah lingkungan yang baik-baik saja. Lingkungan rumah bisa mempengaruhi belajar dan semangat siswa untuk berprestasi.



·        Identifikasi Masalah


1.     Mengapa lingkungan rumah berpengaruh terhadap prestasi siswa

2.     Remaja yang kurang mendapat perhatian orang tua


·        Pembatasan Masalah

               Kami sebagai peneliti hanya akan fokus pada permasalahan mengapa Lingkungan rumah berpengaruh terhadap prestasi siswa SMA N 1 Jeruklegi. Kami akan meneliti permasalahan ini dengan baik.


·        Perumusan Masalah


Mengapa Lingkungan rumah berpengaruh terhadap prestasi siswa?



·        Tujuan Penelitian

    Kami sebagai peneliti mangadakan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui tentang lingkungan rumah yang dapat berpengaruh terhadap prestasi siswa SMA N 1 Jeruklegi.

·        Manfaat Penelitian


1.     Untuk Objek/Populasi


2.     Untuk Lembaga


3.     Untuk Ilmu Pengetahuan


4.     Untuk Peneliti




BAB 2

KAJIAN TEORI


1.    Lingkungan

Berikut ini beberapa Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Ahli:

1.    Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Michael Allaby: Lingkungan hidup adalah the physical, chemical and biotic condition surrounding and organism.

2.    Pengertian Lingkungan Hidup Menurut S. J. McNaughton dan Larry L. Wolf:Lingkungan hidup adalah semua faktor eksternal yang bersifat biologis dan fisika yang langsung mempengaruhi kehidupan, pertumbuhan, perkembangan, dan reproduksi organisme.

3.    Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Prof. Dr. Ir. Otto Soemarwoto:Lingkungan hidup adalah jumlah semua benda dan kondisi yang ada dalam ruang yang kita tempati yang mempengaruhi kehidupan kita.

4.    Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Prof. Dr. St. Munadjat Danusaputro, SH: Lingkungan hidup adalah semua benda dan kondisi, termasuk di dalamnya manusia dan tingkah perbuatannya, yang terdapat dalam ruang tempat manusia berada dan mempengaruhi hidup serta kesejahteraan manusia dalam jasad hidup lainnya.

5.    Pengertian Lingkungan Hidup Menurut UUPLH 1982: Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, dan keadaan dan makhluk hidup, termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya. 

*Kesimpulan : Lingkungan hidup adalah semua benda, daya, dan kondisi yang terdapat dalam suatu tempat atau ruang tempat manusia atau makhluk hidup berada dan dapat mempengaruhi hidupnya.


2.    Prestasi Belajar

Pengertian Prestasi Belajar Menurut Para Ahli

1. Winkel (1996)Winkel berpendapat bahwa prestasi belajar merupakan salah satu buktiyang menunjukkan kemampuan atau keberhasilan seseorang yang melakukanproses belajar sesuai dengan bobot atau nilai yang berhasil diraihnya.Winkel lebih menekankan prestasi belajar itu pada kemampuan siswa secara umum.

2. S. Nasution (1996)S. Nasution berpendapat bahwa prestasi belajar merupakan kesempurnaanseorang peserta didik dalam berpikir, merasa, dan berbuat. MenurutNasution prestasi belajar seorang peserta didik dikatakan sempurna jikamemenuhi tiga aspek, yaitu sebagai berikut.

3. Winkel (1996:226) mengemukakan bahwa prestasi belajar merupakan bukti keberhasilan yang telah dicapai oleh seseorang. Maka prestasi belajar merupakan hasil maksimum yang dicapai oleh seseorang setelah melaksanakan usaha-usaha belajar. Sedangkan menurut Arif Gunarso (1993 : 77) mengemukakan bahwa prestasi belajar adalah usaha maksimal yang dicapai oleh seseorang setelah melaksanakan usaha-usaha belajar.

4. Prestasi adalah hasil yang telah dicapai seseorang dalam melakukan kegiatan. Gagne (1985:40) menyatakan bahwa prestasi belajar dibedakan menjadi lima aspek, yaitu : kemampuan intelektual, strategi kognitif, informasi verbal, sikap dan keterampilan. Menurut Bloom dalam Suharsimi Arikunto (1990:110) bahwa hasil belajar dibedakan menjadi tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik.

* Dari beberapa pendapat diatas maka dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar adalah sesuatu yang dapat dicapai yang dinampakkan dalam pengetahuan, sikap, dan keahlian.


·       Hipotesis

Berdasarkan landasan teori yang dikemukakan, maka dapat dirumuskan hipotesis bahwa ada pengaruh lingkungan rumah terhadap prestasi siswa di SMA N 1 Jeruklegi tahun 2013.











BAB 3

METODOLOGI

A. Waktu dan Tempat


Penelitian ini dilaksanakan pada 1 Oktober – Desember 2013 yang secara lengkap kami cantumkan jadwal.


Waktu:

NO

          Tanggal dan Bulan

Agenda

1.

1 Oktober – 6 Oktober

Persiapan Proposal

2.

7 Oktober – 31 Oktober

Pengkajian

3.

November

Terjun Lapangan

4.

Desember

Penyusunan dan Laporan Presentasi


Tempat:

SMA N 1 Jeruklegi

Jalan Raya Jeruklegi No. 23

Telepon/Fax (0282) 5073854

@e-mail : sma1_jeruklegi@yahoo.co.id

B. Populasi dan Sampel


*Populasi

1.     Nazir (1983 : 372) mengatakan bahwa , “populasi adalah berkenaan dengan data, bukan orang atau bendanya.”

2.     Nawawi (1985 :141) menyebutkan bahwa, “ populasi adalah totalitas semua nilai yang mungkin, baik hasil menghitung ataupun pengukuran kuantitatif maupun kualitatif daripada karakteristik tertentu mengenai sekumpulan objek yang lengkap. “

3.     Riduwan dan tita lestari (1997:3) mengatakan bahwa “populasi adalah keseluruhan dari karakteristik atau unit hasil pengukuran yang menjadi objek penelitian.”

4.     Populasi menurut Sugiyono (2011:117-118) adalah wilayah generalasi yang terdiri atas obyek/subyek yang mempunyai kualitas dan krakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.

5.     Populasi menurut Aritkamto (2010:123) adalah Keseluruhan subjek penelitian.

6.     Populasi menurut Widiyanto (2010:5) adalah Suara kelompok atau kumpulan subjek atau objek yang akan di generasikan dari hasil penelitian.


Dari beberapa pendapat diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa : “populasi merupakan objek atau subjek yang berada pada suatu wilayah dan memenuhi syarat- syarat tertentu berkaitan dengan masalah penelitian.
Terdapat dua jenis populasi, yaitu populasi terbatas dan populasi tak terbatas (tak terhingga). Populasi terbatas yaitu mempunyai sunber data yang jelas batasnya secara kuantitatif sehingga dapat dihitung jumlahnya. Sedangkan populasi tak terbatas yaitu sumber datanya tidak dapat di tentukan batasan-batasannya sehingga relatif tidak dapat dinyatakan dalam bentuk jumlah.


Berdasarkan sifatnya populasi dapat dibedakan menjadi populasi homogen dan populasi heterogen. Populasi homogen adalah sumber data yang unsurnya memiliki sifat yang sama sehingga tidak perlu mempersoalkan jumlahnya secara kuantitatif.


Sedangkan populasi heterogen adalah sumber data yang unsurnya memiliki sifat atau keadaan yang berbeda (bervariasi) sehingga perlu ditetapkan batas-batasnya, baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

*Penelitian ini mengambil populasi semua siswa-siswi SMA N 1 Jerukelgi tahun 2013.


*Sampel

Definisi Sampel


      Suharsimi Arikunto (1998 :117) mengatakan bahwa :’sampel adalah bagian dari populasi (sebagian atau wakil populasi yang diteliti). Sampel penelitian adalah sebagian populasi yang diambil sebagai sumber data dan dapat mewakili seluruh populasi.”

      Sugiyono (1997 :57)memberikan pengertian bahwa “sampel adalah sebagian dari jumlah dan karakteristik yang di miliki oleh populasi.


      Peneliti menerapkan sistem stratified Random Sampling dengan memlih secara acak satu orang siswa dan satu orang siswi dari masing-masing kelas di setiap angkatan yakni kelas X, XI, dan XII


C. Desain Penelitian

       Berdasarkan jeis analisa penelitian maka penelitian dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:


1.     Penelitian Kuantitatif

Pada penelitian ini teknik analisanya menggunakan pedekatan rumus (Mean, Median, Modus) atau menggunakan produk momen.

2.     Penelitian Kualitatif

Pada penelitian ini penelitian diselesaikan dengan pendekatan Reduksi data secara jelas digambarkan dengan bagan reduksi bagan tersebut.

D. Teknik Pengumpulan Data


*Peneliti menggunakan data kualitatif, yakni berupa data berbentuk narasi yang diperoleh dari subjek. Sumber data adalah primer, yakni data yang didapat langsung atau dari sumber pertama seperti dalam penelitian ini berupa data yang dihasilkan dari wawancara dengan perwakilan siswa yang terpilih.


Daftar Pustaka


Pengaruh Lingkungan Rumah Terhadap Prestasi Siswa SMA N 1 Jeruklegi Tahun 2013


Nomor       : 01/SMA/2013                                           Cilacap, 3 Oktober 2013

Lampiran  : 1

Hal              : Pengisian Angket



          Yth. Saudara Responden

           di Cilacap


               

              Berdasarkan surat ini kami peneliti dengan ini memohon kerelaan hati Responden untuk mengisi angket tentang pengaruh lingkungan rumah siswa SMA N 1 Jeruklegi. Kami mengharapkan apa yang diisikan responden adalah gambaran keadaan yang valid dari kehidupan perilaku siswa SMA N 1 Jeruklegi tahun 2013.


              Demikian surat ini kami sampaikan atas perhatiannya dan kerjasama kami ucapakan terima kasih.

                                      

                                     Penulis



                                        Grizenzio Orchivillando


Pengaruh Lingkungan Rumah Terhadap Prestasi Siswa SMA N 1 Jeruklegi Tahun 2013



Jawablah Pertanyaan dibawah ini!


1.    Dimana anda tinggal?


2.    Bagaimana lingkungan tempat tinggal anda?


3.    Dengan siapa saja anda tinggal?


4.    Bagaimana keadaan masyarakat di dekat tempat tinggal anda?


5.    Bagaimana peraturan di rumah anda?


6.    Apakah anda nyaman dengan lingkungan rumah anda?




Sumber

Demikianlah informasi yang dapat Info-Kita.net sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel CONTOH PENELITIAN SOSIAL KELAS XII IPS PENGARUH LINGKUNGAN RUMAH