Contoh Penelitian Sosial Kelas XII IPS Pengaruh Kendaraan

Contoh Penelitian Sosial Kelas XII IPS Pengaruh Kendaraan

Contoh Penelitian Sosial Kelas XII IPS Pengaruh Kendaraan - Postingan Kali ini Info-Kita.net Akan Berbagi Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang Contoh Penelitian Sosial Kelas XII IPS Pengaruh Kendaraan, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua. Lebih Jelas dan Detail Baca Selengkapnya.


Pengaruh Kendaraan terhadap Prestasi Siswa SMA N 1 Jeruklegi Tahun 2013



Disusun Oleh : Grizenzio Orchivillando

Kelas : XII IPS 1

No Absensi : 19


DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA SMA NEGERI 1 JERUKLEGI KABUPATEN CILACAP

2013

 

KATA PENGANTAR


Syukur alhamdullilah penulis panjatkan kehadirat Allah S.W.T yang telah melimpahkan rahmat  taufik dan hidayahnya kepada penulis sehingga meyelesaikan tugas penelitian yaitu melaksanakan Penelitian dan Pembuatan Laporan hasil penelitian tersebut dengan baik. Penyusunan laporan ini untuk memenuhi Tugas dan laporan ini dalam bentuk yang isinya sederhana.

Semoga penelitian ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan , petunjuk, maupun pedoman bagi pembaca dalam kehidupan sehari-hari. Harapan saya semoga penelitian ini membantu manambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembacanya, sehingga dapat memperbaiki bentuk maupun isi penelitian ini, sehingga kedepannya bisa menjadi lebih baik. Penelitian ini saya akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang saya miliki masih sangat kurang.

Oleh Karena itu saya harapkan kepada apara pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan penelitian ini. Akhir kata penulis mengharapkan agar penelitian ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan menambah wawasan Ilmu Pengetahuan.


Wasallamualaikum WR. WB



Daftar Isi


·      Kata Pengantar


·      Ucapan Terima Kasih


·      Persembahan Untuk Guru dan Siswa


·      Motto Hidup


·      Persetujuan


·      Bab 1 Latar Belakang


·      Bab 2 Kajian Teori


·      Bab 3 Metodologi


·      Angket



Ucapan Terima Kasih



   

          Penulis menyampaikan  ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:


·       Allah SWT atas limpahan dan karunia dan hidayahnya sehingga Penulis dapat menyelesaikan penelitian


·       Bapak  Sugimin Spd selaku pembimbing utama


·       Bapak Kepala SMA N 1 Jeruklegi Drs. Bangun Sukarjo, MM.Pd    


·       Guru-guru SMA N 1 Jeruklegi


·       Siswa-siswi SMA N 1 Jeruklegi atas kerjasamanya selama mengerjakan penelitian


·       Kedua orang tua saya yang telah membantu dan mendukung saya dalam mengerjakan penelitian ini


·       Dan Website penyedia informasi yang baik.





Persembahan



Laporan ini saya persembahkan kepada:


1.    Orang tua saya tercinta


2.    Bapak Drs. Bangun Sukarjo, MM.Pd


3.    Bapak Sugimin Spd selaku Guru Pebimbing SMA N 1 Jeruklegi


4.    Semua yang telah mendukung kegiatan ini


5.    Siswa Siswi SMA N 1 Jeruklegi Cilacap










Motto Hidup




Jangan lihat masa lampau dengan penyesalan jangan pula lihat masa depan dengan ketakutan tapi lihatlah sekitar anda dengan penuh kesadaran



“James Thurber”










Persetujuan



Kepala SMA N 1 Jeruklegi                                Guru Pebimbing




Drs. Bangun Sukarjo, MM.Pd                                   Bapak Sugimin Spd

                                                              


Peneliti



Grizenzio Orchivillando





Pengaruh Kendaraan terhadap Prestasi Siswa SMA N 1 Jeruklegi Tahun 2013

BAB 1


·        Latar Belakang

                           Kendaraan merupakan alat transportasi yang penting bagi kehidupan sehari-hari. Pada era globalisasi ini kendaraan sangat berpengaruh sekali terhadap prestasi terutama pada prestasi dalam bidang pendidikan.

Semua siswa SMA N 1 Jeruklegi kalau tidak naik kendaraan pasti tidak mau berangkat sekolah. Oleh karena itu semua orang tua membelikan anaknya kendaraan berupa sepeda motor. Karena siswa sekarang kalau tidak naik sepeda motor katanya tidak gaul. Sebenarnya kendaraan itu tidak penting untuk siswa karena siswa belum punya keahlian dalam mengendarai dan juga belum mempunyai SIM.

Mengetahui begitu banyak pengaruh-pengaruh negatif bagi siswa orang tuda harus memantau anak-anaknya dalam mengendarai motor supaya tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan. Memang kendaraan dalam kehidupan sehari-hari itu sangat penting tetapi di dalam berpendidikan tidak begitu penting.

Siswa untuk berprestasi tetapi untuk bergaya-gayaan siswa antar siswa. Pengaruh kendaraan terhadap prestasi akan berdampak negatif misalnya siswa tidak pernah pulang sekolah tepat waktu karena beralasan untuk berkerja kelompok, sering bermain tidak memntingkan untuk belajar.

Juga dampak postif dalam pengaruh kendaraan terhadap prestasi yaitu siswa tidak ada yang terlambat sekolah selalu tepat waktu untuk belajar tidak terbebani siswa yang rumahnya jauh.

·        Pembatasan Masalah

                          Kami peneliti hanya akan berkonsentrasi pada permasalahan apa pengaruh kendaraan terhadap prestasi siswa SMA N 1 Jeruklegi tahun 2013 dan bagaimana pengaruh kendaraan terhadap prestasi siswa SMA N 1 Jeruklegi.

·        Perumusan Masalah

1.     Apa pengaruh kendaraan terhadap prestasi siswa SMA N 1 Jeruklegi tahun 2013?

2.     Bagaimana pengaruh kendaraan terhadap prestasi siswa SMA N 1 Jeruklegi tahun 2013?


·        Tujuan Penelitian

                              Kami peneliti mengadakan penelitian ini bertujuan untuk mempermudah siswa dalam berangkat sekolah, untuk bisa mengembangkan bakat atau prestasi siswa di sekolah selalu tepat waktu untuk belajar terhadap apa yang disampaikan oleh bapak/ibu guru.

·        Manfaat penelitian

1.     Untuk populasi terhadap era globalisasi.

2.     Untuk mengetahui pengaruh terhadap prestasi siswa.

3.     Untuk pengetahuan-pengetahuan siswa terhadap prestasi yang dimilikinya.

4.     Untuk pandangan kedepan dalam prestasi-prestasi siswa yang telah dimiliki oleh masing-masing siswa.
















BAB 2

KAJIAN TEORI


Kata transportasi mungkin tidak asing di telinga kita, karena kemana pun kita pergi berhubungan dengan transportasi. Kita pergi berbelanja ke pasar, ke mall, ke kampus, ke sekolah atau ke tempat lain pasti membutuhkan transportasi baik dengan sarana maupun tanpa sarana. Dengan sarana kita bisa menggunakan sepeda motor, mobil, angkutan kota, taxi dan lain-lain. Tanpa sarana kita bisa lakukan dengan jalan kaki. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan transportasi? Dalam hal ini akan dikemukakan pengertian transportasi menurut pendapat para ahli sebagai berikut :

1.     Miro (2002) mengatakan bahwa transportasi adalah usaha memindahkan , menggerakkan , mengangkut , atau mengalihkan suatu objek dari suatu tempat ke tempat yang lain, di mana ditempat lain ini objek tersebut lebih bermanfaat atau dapat berguna untuk tujuan-tujuan tertentu.

2.     Soesilo (1999) mengatakan bahwa transportasi merupakan pergerakan tingkah laku orang dalam ruang baik dalam membawa dirinya sendiri maupun membawa barang.

3.     Nasution (1996) mengatakan bahwa transportasi merupakan pemindahan barang dan manusia dari tempat asal ke tempat tujuan.

4.     Steenbrink (1974) mengatakan bahwa transportasi merupakan perpindahan orang atau barang dengan menggunakan alat atau kendaraan dari dan ke tempat-tempat yang terpisah secara geografis.

5.     Morlok (1978) mengatakan bahwa transportasi merupakan kegiatan memindahkan atau mengangkut sesuatu dari suatu tempat ketempat lain.

6.     Bowersox (1981) mengatakan bahwa transportasi merupakan perpindahan barang atau penumpang dari suatu tempat ke tempat lain, di mana produk dipindahkan ke tempat tujuan dibutuhkan. Dan secara umum transportasi adalah suatu kegiatan memindahkan sesuatu (barang dan/ atau barang) dari suatu tempat ke tempat lain, baik dengan atau tanpa sarana.

Berdasarkan pengertian transportasi yang dikemukakan para ahli tersebut di atas dapat dijelaskan bahwa transportasi merupakan perpindahan orang atau barang dari suatu tempat ke tempat yang lain baik dilakukan dengan sarana maupun tanpa sarana.


Pengertian prestasi

Prestasi adalah hasil yang telah dicapai seseorang dalam melakukan kegiatan. Gagne (1985:40) menyatakan bahwa prestasi belajar dibedakan menjadi lima aspek, yaitu : kemampuan intelektual, strategi kognitif, informasi verbal, sikap dan keterampilan. Menurut Bloom dalam Suharsimi Arikunto (1990:110) bahwa hasil belajar dibedakan menjadi tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik.

Prestasi merupakan kecakapan atau hasil kongkrit yang dapat dicapai pada saat atau periode tertentu. Berdasarkan pendapat tersebut, prestasi dalam penelitian ini adalah hasil yang telah dicapai siswa dalam proses pembelajaran.


Pengertian Prestasi Belajar Menurut Para Ahli1. Winkel (1996)Winkel berpendapat bahwa prestasi belajar merupakan salah satu buktiyang menunjukkan kemampuan atau keberhasilan seseorang yang melakukanproses belajar sesuai dengan bobot atau nilai yang berhasil diraihnya.Winkel lebih menekankan prestasi belajar itu pada kemampuan siswa secaraumum.2. S. Nasution (1996)S. Nasution berpendapat bahwa prestasi belajar merupakan kesempurnaanseorang peserta didik dalam berpikir, merasa, dan berbuat. MenurutNasution prestasi belajar seorang peserta didik dikatakan sempurna jikamemenuhi tiga aspek, yaitu sebagai berikut.

Sedangkan Menurut Sardiman A.M (2001:46) “Prestasi adalah kemampuan nyata yang merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor yang mempengaruhi baik dari dalam maupun dari luar individu dalam belajar”.

Sedangkan pengertian prestasi menurut A. Tabrani (1991:22) “Prestasi adalah kemampuan nyata (actual ability) yang dicapai individu dari satu kegiatan atau usaha”.

Sedangkan menurut W.S Winkel (1996:165) “Prestasi adalah bukti usaha yang telah dicapai.

Dari beberapa pendapat di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa Pengertian Definisi Prestasi adalah suatu hasil yang telah dicapai sebagai bukti usaha yang telah dilakukan. semoga pengertian tersebut dapat bermanfaat buat anda semua.


Hipotesis

Berdasarkan landasan teori yang dikemukakan, maka dapat dirumuskan hipotesis bahwa ada pengaruh kendaraan terhadap prestasi siswa SMA N 1 Jeruklegi tahun 2013.











BAB 3

METODOLOGI

A. Waktu dan Tempat


Penelitian ini dilaksanakan pada 1 Oktober – Desember 2013 yang secara lengkap kami cantumkan jadwal.


Waktu:

NO

          Tanggal dan Bulan

Agenda

1.

1 Oktober – 6 Oktober

Persiapan Proposal

2.

7 Oktober – 31 Oktober

Pengkajian

3.

November

Terjun Lapangan

4.

Desember

Penyusunan dan Laporan Presentasi


Tempat:

SMA N 1 Jeruklegi

Jalan Raya Jeruklegi No. 23

Telepon/Fax (0282) 5073854

@e-mail : sma1_jeruklegi@yahoo.co.id



B. Populasi dan Sampel


*Populasi

1.     Nazir (1983 : 372) mengatakan bahwa , “populasi adalah berkenaan dengan data, bukan orang atau bendanya.”

2.     Nawawi (1985 :141) menyebutkan bahwa, “ populasi adalah totalitas semua nilai yang mungkin, baik hasil menghitung ataupun pengukuran kuantitatif maupun kualitatif daripada karakteristik tertentu mengenai sekumpulan objek yang lengkap. “

3.     Riduwan dan tita lestari (1997:3) mengatakan bahwa “populasi adalah keseluruhan dari karakteristik atau unit hasil pengukuran yang menjadi objek penelitian.”

4.     Populasi menurut Sugiyono (2011:117-118) adalah wilayah generalasi yang terdiri atas obyek/subyek yang mempunyai kualitas dan krakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.

5.     Populasi menurut Aritkamto (2010:123) adalah Keseluruhan subjek penelitian.

6.     Populasi menurut Widiyanto (2010:5) adalah Suara kelompok atau kumpulan subjek atau objek yang akan di generasikan dari hasil penelitian.


Dari beberapa pendapat diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa : “populasi merupakan objek atau subjek yang berada pada suatu wilayah dan memenuhi syarat- syarat tertentu berkaitan dengan masalah penelitian.
Terdapat dua jenis populasi, yaitu populasi terbatas dan populasi tak terbatas (tak terhingga). Populasi terbatas yaitu mempunyai sunber data yang jelas batasnya secara kuantitatif sehingga dapat dihitung jumlahnya. Sedangkan populasi tak terbatas yaitu sumber datanya tidak dapat di tentukan batasan-batasannya sehingga relatif tidak dapat dinyatakan dalam bentuk jumlah.


Berdasarkan sifatnya populasi dapat dibedakan menjadi populasi homogen dan populasi heterogen. Populasi homogen adalah sumber data yang unsurnya memiliki sifat yang sama sehingga tidak perlu mempersoalkan jumlahnya secara kuantitatif.


Sedangkan populasi heterogen adalah sumber data yang unsurnya memiliki sifat atau keadaan yang berbeda (bervariasi) sehingga perlu ditetapkan batas-batasnya, baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

*Penelitian ini mengambil populasi semua siswa-siswi SMA N 1 Jerukelgi tahun 2013.


*Sampel

Definisi Sampel


      Suharsimi Arikunto (1998 :117) mengatakan bahwa :’sampel adalah bagian dari populasi (sebagian atau wakil populasi yang diteliti). Sampel penelitian adalah sebagian populasi yang diambil sebagai sumber data dan dapat mewakili seluruh populasi.”

      Sugiyono (1997 :57)memberikan pengertian bahwa “sampel adalah sebagian dari jumlah dan karakteristik yang di miliki oleh populasi.


      Peneliti menerapkan sistem stratified Random Sampling dengan memlih secara acak satu orang siswa dan satu orang siswi dari masing-masing kelas di setiap angkatan yakni kelas X, XI, dan XII


C. Desain Penelitian

       Berdasarkan jeis analisa penelitian maka penelitian dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:


1.     Penelitian Kuantitatif

Pada penelitian ini teknik analisanya menggunakan pedekatan rumus (Mean, Median, Modus) atau menggunakan produk momen.



2.     Penelitian Kualitatif

Pada penelitian ini penelitian diselesaikan dengan pendekatan Reduksi data secara jelas digambarkan dengan bagan reduksi bagan tersebut.


D. Teknik Pengumpulan Data


*Peneliti menggunakan data kualitatif, yakni berupa data berbentuk narasi yang diperoleh dari subjek. Sumber data adalah primer, yakni data yang didapat langsung atau dari sumber pertama seperti dalam penelitian ini berupa data yang dihasilkan dari wawancara dengan perwakilan siswa yang terpilih.


Daftar Pustaka







*Surat Pengantar Angket

Pengaruh Kendaraan Terhadap Prestasi Siswa SMA N 1 Jeruklegi Tahun 2013


Nomor       : 01/SMA/2013                                           Cilacap, 3 Oktober 2013

Lampiran  : 1

Hal              : Pengisian Angket



          Yth. Saudara Responden

            di Cilacap


               

              Berdasarkan surat ini kami peneliti dengan ini memohon kerelaan hati Responden untuk mengisi angket tentang pengaruh kendaraan terhadap prestasi siswa SMA N 1 Jeruklegi. Kami mengharapkan apa yang diisikan responden adalah gambaran keadaan yang valid dari kehidupan perilaku siswa SMA N 1 Jeruklegi tahun 2013.


              Demikian surat ini kami sampaikan atas perhatiannya dan kerjasama kami ucapakan terima kasih.

                                      

                                      

                                                Penulis



                                       

                                                                                  Grizenzio Orchivillando


Pengaruh Kendaraan Terhadap Prestasi Siswa SMA N 1 Jeruklegi Tahun 2013



Jawablah Pertanyaan dibawah ini!


1.   Kendaraan apa yang anda pakai ketika sekolah?


2.   Pelajaran apa yang mempengaruhi prestasi anda?


3.   Bagaimana cara anda untuk meningkatkan prestasi anda?


4.   Berapa kali dalam seminggu anda mengisi bahan bakar?


5.   Bagaimana cara anda merawat kendaraan?


6.   Prestasi apa yang anda selama ini anda raih?


7.   Bagaimana cara anda megendarai motor?


8.   Apa merek motor anda?


9.   Apa warna kendaraan anda?






Sumber

Demikianlah informasi yang dapat Info-Kita.net sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel Contoh Penelitian Sosial Kelas XII IPS Pengaruh Kendaraan