Tips Mengurus Rumah Ketika Diringgal Pembantu

Tips Mengurus Rumah Ketika Diringgal Pembantu

Tips Mengurus Rumah Ketika Diringgal Pembantu - Update Postingan Kali ini Info-Kita.net Akan Berbagi Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang Tips Mengurus Rumah Ketika Diringgal Pembantu, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua. Lebih Jelas dan Detail Baca Selengkapnya.

Tips Mengurus Rumah Ketika Diringgal Pembantu - Satu hal yang tidak menyenangkan ketika Hari Raya Idul Fitri datang adalah ditinggal para pekerja rumah tangga (PRT). Mereka biasanya pulang ke kampung halamannya untuk menemui keluarga mereka sekaligus berbagi hasil jerih payah selama bekerja.

Buat anda yang saat ini sedang kerepotan mengurus rumah karena ditinggal pembantu, tips dibawah ini mungkin bisa menjadi solusi jitu untuk anda.

Berikut Tips Mengurus Rumah Ketika Diringgal Pembantu


Berbagi Tugas Rumah Tangga dengan Anak dan Suami

Mulailah membagi tugas membersihkan dan membereskan rumah dengan suami dan anak. Tujuannya agar semua kerjaan rumah bisa terselesaikan dengan cepat. Serahkan tugas-tugas ringan seperti mengelap kaca dan membereskan ruang tamu kepada anak-anak (jika sudah berumur cukup dewasa antara 6 sampai 10 tahun). Bisa juga meminta mereka membantu Anda memasak sesekali.


Suami sebaiknya diberikan tugas yang sifatnya mekanis atau membutuhkan tenaga ekstra, misalnya membersihkan kamar mandi, bak cuci piring, membuang sampah, mencuci mobil, menyetrika dan menyiram tanaman. Sementara Anda sebagai ibu rumah tangga, bisa mencuci pakaian, memasak dan mencuci piring.


Berikan reward ke anak

Anak anak biasanya sulit diajak kerja sama untuk membereskan pekerjaan rumah. Anda bisa memberikan reward atau hadiah jika anda bersedia membantu anda.

Laundry

Anda bisa menggunakan jasa laundry jumlah besar (kiloan) untuk membereskan masalah pakaian kotor. Sebaiknya mengambil layanan paket laundry sekaligus setrika. Kumpulkan baju-baju kotor maksimal satu minggu lalu antarkan ke tempat laundry. Pakaian bersih, harum, dan siap untuk dipakai tanpa harus repot. Laundry seperti ini juga harus siap menerima pakaian rusak akibat sistem pencucian dalam jumlah besar.


Makan di Restoran atau Pakai Jasa Antar Makanan

Tidak ada salahnya jika sementara waktu Anda dan keluarga makan di luar. Selain lebih praktis, seluruh anggota keluarga juga jadi lebih akrab. Solusi lainnya adalah menggunakan jasa antar makanan, baik itu berupa katering atau dari resto yang menyediakan layanan pesan antar. Agar lebih hemat, sebaiknya langganan katering sekaligus untuk satu atau dua minggu karena biasanya lebih murah.


Menyewa Pembantu Infal

Jika anggota keluarga yang lain sulit untuk diajak bekerja sama, anda bisa menyewa jasa PRT dadakan, atau lebih populernya PRT infal. Jenis bantuan ini biasanya dibayar harian, mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu, tergantung banyaknya tugas yang harus dikerjakan.


Sediakan Minuman Kemasan dan Piring Plastik

Jika anda akan menerima tamu banyak, sediakan minuman kemasan dan piring kertas plastik yang bermotif untuk menjamu tamu atau saudara yang datang. Minuman kemasan dan piring kertas lebih mudah dibuang setelah selesai dipakai daripada harus dicuci ulang.

Menikmati semua kerepotan
Tentu terasa melelahkan jika mengurus rumah tanpa pembantu, tapi sebenarnya pekerjaan tersebut bisa terasa ringan jika anda menikmatnya. Anggap saja semua pekerjaan yang anda lakukan adalah olahraga gratis, disamping rumah bersih dengan tidak sengaja, anda pun telah membakar lemak di tubuh. Berilah kesan bahagia juga terhadap anggota keluarga yang lain, karena hal ini hanya akan terjadi satu tahun sekali.

Sumber

Demikianlah informasi yang dapat Info-Kita.net sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel Tips Mengurus Rumah Ketika Diringgal Pembantu