FAKTA - FAKTA PENTING TENTANG POLUSI UDARA

FAKTA - FAKTA PENTING TENTANG POLUSI UDARA

FAKTA - FAKTA PENTING TENTANG POLUSI UDARA - Kembali Lagi Pada Postingan Kali ini Blog Info-Kita.net Akan Berbagi Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang FAKTA - FAKTA PENTING TENTANG POLUSI UDARA, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua.

WELCOME TO MY THREAD

Semoga tidak [imagetag]
FAKTA TENTANG POLUSI UDARA SAAT INI BAGAIMANA ??

[imagetag]

Menurut data WHO setiap tahun diperkirakan sekitar 3 juta orang meninggal karena polusi udara atau sekitar 5% dari 55 juta kematian setiap tahunnya di seluruh dunia. 1.500 jutaan kematian dini terjadi di kota-kota Asia. Banyak yang lebih menderita efek kesehatan yang serius dari polusi udara. Kehidupan kerja banyak yang diperpendek oleh masalah kesehatan dari menghirup udara kotor. Enam dari 15 kota di dunia yang paling tercemar ditemukan di Asia. Posisi teratas diduduki oleh: 1. Katmandu, Nepal, 2. New Delhi, India, 3. Jakarta, Indonesia sama dengan Chongqing, Cina. 4. Kalkuta, India. Sepertiga dari emisi dioksida karbon dunia berada di luar kembung di wilayah ini.

[imagetag]

Apakah Anda kehilangan tidur atas pencemaran udara?

Bank Dunia di Asia memperkirakan bahwa sejumlah besar orang di perkotaan Asia Timur dan Pasifik kehilangan lebih dari 12 tahun yang produktif karena cacat disebabkan oleh polusi udara. Organisasi Kesehatan Dunia menempatkan biaya pada miliaran dolar dalam perawatan medis untuk menyembuhkan orang-orang yang menderita penyakit yang disebabkan oleh polusi udara. Clean Air Initiative for Asian Cities (CAI), sebuah proyek diluncurkan pada tahun 2001 oleh Bank Pembangunan Asia dan Bank Dunia, tidak menyadari bahwa kualitas udara di Asia telah memburuk dalam beberapa tahun terakhir karena urbanisasi meningkat dan peningkatan emisi polusi di banyak kota .
Situasi ini dapat meningkatkan melalui manajemen kualitas udara yang lebih baik oleh pemerintah yang didukung oleh kesadaran publik yang lebih besar dari masalah. Sebuah contoh yang baik adalah Bangkok, di mana jarak pandang di bandara meningkat dari sekitar lima kilometer di tahun 1996 menjadi sembilan kilometer pada tahun 2000.

[imagetag]

Pencemaran udara di Indonesia saja misalnya dapat menyebabkan 16.000 kematian prematur per tahun. Satu dari sepuluh menderita infeksi pernafasan.
Satu dari sepuluh anak menderita asma. (Artikel dari Jakarta Post, 2007).

[imagetag]


12 FAKTA PENTING TENTANG MASALAH UDARA

[imagetag]

1. Jumlah oksigen di muka bumi tinggal 17%. (Data WHO, 1985)
2. Hasil tes oksigenmeter di Brisbane Australia mengungkapkan fakta 70% orang dikerumunan tersebut tanpa sadar kekurangan oksigen.
3. Setiap detik sekitar 0,4 hektar hutan tropis dunia ditebang menyebabkan kita rentan terhadap 6.600 ton karbondioksida yang dilepaskan ke dalam atmosfer setiap tahunnya. (Tom Hirsch, Air & Health)
4. Kekurangan oksigen merupakan penyebab utama tubuh cepat lelah karena glukosa yang tidak diimbangi Oksigen menciptakan kondisi anaerobik yang memperlemah sel dan membahayakan sistem kekebalan tubuh. (Human Earth, January 2005)
5. Jika otak tidak mendapatkan oksigen dalam jangka waktu 4 menit akan terjadi kerusakan irreversible atau tidak bisa dipulihkan. (Human Earth, January 2005)
6. Kondisi sel yang kekurangan Oksigen atau kadar oksigennya rendah akan mendorong perubahan/perkembangan sel menjadi sel kanker. (DR. Otto Warburg, Peneliti Kanker, Peraih 2 kali Nobel)
7. Polusi dalam ruangan 5-10 kali lebih berbahaya dari polusi luar ruangan karena terjadinya perangkap udara dan rata-rata kita menghabiskan 80% waktu kita dalam ruangan. (American Allergies & Environmental Protection Agencies)
8. Sekitar 75.000 bahan kimia sintesis telah dikembangkan setelah Perang Dunia I dan tersebar sebagai bahan pembuat alat rumah yang menimbulkan polutan di udara. (New York City Center for Children Health and Environment)
9. Di Amerika, RADON (zat radioaktif yang tidak terlihat dalam ruangan) merupakan penyebab ribuan kematian akibat kanker setiap tahunnya. (American Medical Association)
10. Sekitar 200 bahan kimia yang ada di udara dapat diukur hanya dari 1 sendok the darah. Pemeriksaan ini dapat mendeteksi pestisida, logam berat dan toksin lain yang ada dalam sel dan cairan tubuh. (Center for Children�s Environmental Health, Columbia University)
11. Penelitian di Polandia menginsyaratkan penyakit ASMA sudah dimulai sejak anak-anak masih janin dalam kandungan (Columbia University).Penyakit asma semakin banyak diderita anak-anak dan tidak lagi identik dengan penyakit keturunan tetapi lebih karena faktor udara kotor.
12. 500.000 orang Asia meninggal setiap tahunnya karena polusi udara. (Asian Development Bank Report)


LANJUT DIBAWAH GAN


By Chika Imut

Sumber

Demikianlah informasi yang dapat Info-Kita.net sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel FAKTA - FAKTA PENTING TENTANG POLUSI UDARA