Penyebab Wanita Dewasa Belum Haid

Penyebab Wanita Dewasa Belum Haid

Penyebab Wanita Dewasa Belum Haid - Merupakan Update Postingan Info-Kita.net yang kali ini akan berbagi Informasi Terbaru di blog sederhana dan sesederhana apa adanya yang beralamatkan di Info-Kita.net tentang Artikel Penyebab Wanita Dewasa Belum Haid

Tanya:
Dear Dokter,
Saya mempunyai babysitter berumur 23 tahun, tapi sampai saat ini dia belum pernah menstruasi. Kira-kira apa penyebabnya ya? Dan memang payudaranya juga tidak berkembang (tumbuh). Apakah bisa diobati?
Rinta, 34 tahun


Jawab:
Dear Ibu Rinta,

Babysitter Anda yang belum juga mendapatkan mentruasi hingga usia 23 tahun ini dapat digolongan memiliki kondisi amenore primer. Amenore primer ini pun hanya merupakan penggolongan saja, bukan merupakan diagnosis spesifik atau kondisi medis tertentu. Maka untuk menentukan berapa tingkat kesembuhannya harus ditentukan terlebih dahulu penyebab amenorrhe-nya. Amenorrhea primer dapat disebabkan oleh:

- Gangguan hormonal
- Tumor
- Penyakit sistemis.
- Gangguan pola makan.

Masing-masing golongan di atas juga memiliki banyak kemungkinan penyebab yang harus diselidiki. Dan umumnya bila amenorea primer disertai dengan payudara yang tidak berkembang, ada kemungkinan disebabkan karena kelainan hormonal.

Amenorrhea berkaitan dengan masalah hormon yang cukup kompleks, karenanya pemeriksaannya pun memakan waktu. Dokter akan memeriksa panggul, payudara dan organ reproduksi, serta melakukan tes darah.Tes darah yang dilakukan termasuk tes kehamilan, tes kelainan fungsi tiroid, tes fungsi ovarium, serta tes hormon testosteron. Dokter kemungkinan juga akan melakukan pemeriksaan dengan ultrasound, CT scan, atau MRI. Pemeriksaan lainnya mencakup histeroskopi. Ini adalah pemeriksaan rahim dengan menggunakan kamera kecil yang dimasukkan lewat vagina. 

dr. Margareta AmaliaPenanganan amenorrhea bergantung pada penyebabnya. Pengobatannya bisa berupa pemberian pil KB, penggunaan obat-obat tertentu, ataupun operasi. Operasi hanya dilakukan jika penyebabnya adalah tumor atau kelainan pada struktur organ reproduksi. Untuk itu, sebaiknya periksakan dahulu kondisi babysitter Anda untuk mengetahui penyebab dari amenorrhea yang dialaminya.

Semoga bermanfaat. 

dr. Margareta Amelia
www.meetdoctor.com

Demikianlah informasi yang dapat Info-Kita.net sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Admin Info-Kita.net mengucapkan banyak terima kasih kepada anda yang telah membaca artikel Penyebab Wanita Dewasa Belum Haid