Naskah Pidato Hari Kebangkitan Nasional

Naskah Pidato Hari Kebangkitan Nasional

Naskah Pidato Hari Kebangkitan Nasional - Merupakan Update Postingan Info-Kita.net yang kali ini akan berbagi Informasi Terbaru di blog sederhana dan sesederhana apa adanya yang beralamatkan di Info-Kita.net tentang Artikel Naskah Pidato Hari Kebangkitan Nasional

Kebangkitan Nasional merupakan Masa Bangkitnya Rasa dan Semangat Persatuan, Kesatuan dan Nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Hari Kebangkitan Nasional diperingati pada tanggal 20 Mei. Untuk itu sangat diperlukan rasa kebangsaan yang tinggi agar Bhinneka Tunggal Ika bukan hanya semboyan yang menjadi slogan belaka, tetapi benar-benar dapat menjiwai perilaku seluruh rakyat bangsa Indonesia.

Jika kita kembali kepada sejarah, kebangkitan nasional merupakan peristiwa bangkitnya semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme diikuti dengan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Selama masa penjajahan semangat kebangkitan nasional tidak pernah muncul hingga berdirinya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908 dan ikrar Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

Diatas adalah sedikit ulasan untuk Hari Kebangkitan Nasional. Berikut Naskah Pidato Hari Kebangkitan Nasional:

Pidato Hari Kebangkitan Nasional


Assalamu alaikum. wr. wb

Kepada Yang Terhormat bapak kepala sekolah SMP Negeri 1 Bangil ,serta guru – guru yang saya hormati tak lupa serta seluruh teman – teman dan adik-adik kelas yang saya sayangi dan kami banggakan.


Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat ALLAH SWT, karena hanya atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita semua dapat berkumpul di lapangan ini dalam keadaan sehat.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang “Hari Kebangkitan Nasional” yang jatuh pada tanggal 20 Mei.

Bangsa kita mulai bangkit dari penderitaan panjang dibawah kekuasaan penjajah, pada tanggal 20 Mei 1908. Seratus tahun yang lalu, pemimpin-pemimpin bangsa ini membakar semangat seluruh bangsa Indonesia untuk bangkit melawan penjajah. Peristiwa ini ditandai dengan berdirinya organisasi pemuda yang menumbuhkan semangat nasionalisme yaitu “Budi Utomo” yang diketuai oleh Dr. Wahidin Sudiro Husodo di gedung Stovia.

Para Hadirin Sekalian
Hari ini, setelah 100 tahun peristiwa itu terjadi, dan kita sekarang dapat menikmati hidup dalam suasana kemerdekaan. Bagaimana kita memaknai “kebangkitan nasional” ini? seharusnya kita bangkit untuk membangun semangat nasionalisme agar menjadi bangsa yang maju, bangsa yangg berprestasi. Kita juga harus bangkit dengan tidak mengenal kata menyerah untuk bersatu membangun bangsa dan tanah air.

Dengan semangat kebangkitan nasional ini, marilah kita bahu membahu dan bersatu untuk belajar, bekerja dan bekerja demi kemajuan dan martabat bangsa.

Salah satu hal yang bisa menumbuhkan rasa kebangsaan adalah Kebangkitan Nasional, bangkit dari suatu keterpurukan, bangkit dari ketertinggalan, bangkit dari ketidakadilan, bangkit dari kemiskinan dan kebodohan. Sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesaia (NKRI) seharusnya Pemerintah memberikan perlakuan yang sama terhadap rakyatnya dari Sabang sampai Marauke, bila rakyat di satu wilayah sejahtera maka selayaknya rakyat di wilayah lainnya sejahtera agar asas Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia dapat diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


Dalam sebuah Peristiwa Kebangkitan Nasional maka dapat diambil kesimpulan bahwa Hari Kebangkitan Nasional adalah hari lahirnya semangat kebangsaan dan kesatuan Indonesia, dimaknai sebagai awareness bangsa yang harus terus berbenah dan memperbaiki diri. Lebih dari itu, ada aktualisasi pergerakan yang lebih berarti guna untuk mengangkat kehidupan masyarakat, bangsa dan negara. Sebagai bangsa yang berdaulat, kita haruslah bisa memberikan kemajuan yang lebih baik dan menunjukkannya kepada bangsa lain. Dengan begitu, barulah kita bisa menjadi bangsa yang memiliki harkat dan martabat. Semoga, momentum Kebangkitan Nasional di tahun ini dapat menjadi pemicu semangat kita untuk berubah menjadi lebih baik dari masa lalu. Saya berharap penjelasan tadi dapat memperkuat semangat kesatuan kita sehingga bangsa kita bisa menjadi lebih baik.

Sekian yang dapat saya sampaikan kali ini mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk kita semua, ada kurang dan lebihnya saya mohon maaf.

Wabillahi taufik wal hidayah
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.



Sekian Contoh Naskah Pidato Hari Kebangkitan Nasional, Semoga masa depan kita dapat menjadi pemicu semangat kita untuk berubah menjadi lebih baik dari masa lalu. Semoga Bermanfaat :)

Demikianlah informasi yang dapat Info-Kita.net sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Admin Info-Kita.net mengucapkan banyak terima kasih kepada anda yang telah membaca artikel Naskah Pidato Hari Kebangkitan Nasional