Cara Menghindari Penyakit Darah Tinggi

Cara Menghindari Penyakit Darah Tinggi

Cara Menghindari Penyakit Darah Tinggi - Tekanan Darah Tinggi adalah salah satu penyakit yang disebut sebagai ‘silent killer’. Berdasarkan data WHO (World Health Organization), tekanan darah tinggi mengenai satu di antara tiga orang dan kebanyakan tak menyadari keadaan mereka.
Cara Menghindari Penyakit Darah Tinggi
Meski tekanan darah tinggi belum bisa diobati, namun penyakit ini bisa dicegah dengan mengatur pola makan dan gaya hidup. Berikut ini merupakan beberapa cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi, seperti dilansir oleh Health Me Up.
1. Mengurangi garam
Membatasi asupan garam pada makanan bisa membantu mengontrol tekanan darah tinggi dan mencegah mereka yang belum terkena darah tinggi. WHO merekomendasikan untuk membatasi asupan sodium hingga 2.000 miligram (setara lima gram atau satu sendok teh garam) dalam sehari. Selain itu, waspadai kandungan garam pada makan olahan atau makanan kemasan.
2. Tambah konsumsi potasium
Potasium membantu menurunkan tekanan darah. Direkomendasikan untuk mengonsumsi potasium sebanyak 3.510 miligram dalam sehari. Beberapa makanan yang mengandung potasium adalah kacang tanah, buncis, sayuran seperti bayam, kubis, dan buah-buahan seperti pisang, pepaya, dan kurma.
3. Modifikasi diet
Setidaknya konsumsi sampai lima porsi buah dan sayur yang kaya serat serta kurangi porsi makanan olahan. Hindari makanan yang mengandung banyak garam. Buah-buahan dan sayuran yang rendah sodium dan kaya potasium bisa membantu menurunkan tekanan darah. Kurangi makanan berlemak dan makanan gorengan.
4. Perhatikan berat badan
Tekanan darah biasanya menyebabkan kenaikan berat badan. Penurunan berat badan bisa membantu Anda menurunkan tekanan darah. Sehingga benar bahwa semakin berat tubuh Anda maka semakin tinggi pula tekanan darah.
5. Olahraga
Situasi yang menekan dan membuat stres biasanya menaikkan tekanan darah secara temporer. Untuk itu melakukan aktivitas yang membuat Anda selalu aktif dan berolahraga merupakan cara yang baik untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Cukup tidur, bernapas dalam, bermeditasi, yoga, dan berolahraga setidaknya 30 menit sehari bisa membantu menurunkan stres.
6. Hindari alkohol
Terlalu banyak mengonsumsi alkohol bisa menaikkan tekanan darah. Dalam jangka waktu yang lama konsumsi alkohol bisa menaikkan tekanan darah secara permanen. untuk itu, sebisa mungkin kurangi atau hindari alkohol.
Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga tekanan darah tinggi Anda tetap stabil. Dengan gaya hidup dan pola makan yang benar,. Anda bisa mencegah bahaya yang diakibatkan oleh tekanan darah tinggi.
Sumber : merdeka.com
Terima Kasih Telah Membaca Artikel Cara Menghindari Penyakit Darah Tinggi, Jika Berkenan dapat membaca Klasemen Moto GP, Semoga Bermanfaat.