Cara Mendapatkan Uang Dari Space Iklan Di Blog

Cara Mendapatkan Uang Dari Space Iklan Di Blog

Bagi kamu yang hobi blogging dan memiiki trafik yang tinggi, ada beberapa cara untuk monetize atau menghasilkan uang dari blog kita. Ada dua hal yang kita mesti lakukan. Pertama adalah memperbesar trafik pengunjung dan yang kedua adalah menjualnya. Bagaimana kita akan menjualnya nah baca tips berikut.

1. Bergabung dengan Ad network
Ad network merupakan perusahaan digital advertising yang memiliki jaringan website untuk penempatan iklan dari para pemasang iklan (advertiser). Contoh: google ad sense, ADPLUS, IDblognetwork, double click dll. Kita tinggal masuk ke website mereka dan mendaftarkan blog kita untuk bergabung dalam jaringan mereka, disini kita akan dianggap sebagai Publisher. Setelah memenuhi syarat dan diterima maka mereka akan menawarkan banner iklan untuk ditempatkan di halaman blog kita dan kita akan menerima uang dari penempatan iklan tersebut. Tentunya
dengan beberapa model kerjasama yang disepakati. Dengan cara ini kita tidak perlu menjual sendiri space iklan di blog kita.


2. Menjual langsung space iklan.
Kamu bisa langsung mengirim penawaran penempatan banner iklan ke brand-brand atau agensi-agensi periklanan, seperti: OMD, Bubu, Narrada, starcomm, Maxus, Optima, MPG dll.  Berarti disini kamu mesti melakukan proses pemasaran sendiri. Kamu tinggal browsing mencari perusahaan advertising atau bagian pemasaran dari brand brand tertentu, dan mulai menawarkan space iklan blog kamu ke mereka. Penawaran bisa disampaikan lewat email atau juga secara langsung.

3. Promosi di blog sendiri
Promosi disini yaitu membuat banner iklan yang dipasang di blog kamu sendiri berisi informasi cara pemasangan iklan disitu. Kamu bisa menggunakan kata kata di banner tsb seperti “klik disini untuk pasang iklan”, “kontak kami untuk pasang iklan”, dll. Jangan lupa buat semenarik mungkin.

4. Melakukan Review Produk
Kamu menawarkan untuk mereview sebuah produk, produk untuk direview bisa kamu dapatkan dari ad network tempat kamu bergabung, bisa dari platform advertising seperti gushcloud.com, blogvertise.com, blogspec.com dan bisa juga dari hasil pemasaran kamu sendiri ke brand brand dan agensi. Produk produk yang biasa direview adalah, gadget, otomotif, travel. Jangan lupa, sebenarnya ketika kamu mereview produk tersebut kamu juga ikut membantu menjual produk tersebut. Bahasa yang kamu pakai akan sangat berpengaruh.

5. Membuat back link untuk web lain.
Kamu mengarahkan pengunjung blog kamu untuk masuk ke blog ataupun web lain dengan cara mencantumkan link alamat mereka di halaman blog kamu. Karena banyak web yang menginginkan trafik ataupun page rank mereka tinggi, mereka bersedia membayar untuk itu. Dan kamu telah membantu mereka.

6. Menentukan Strategi Pemasaran
Nah ini adalah skill yang bisa kamu pelajari dari buku buku strategi menjual, kamu bisa memainkan strategi di harga, ato bikin paket promosi gratis dulu atau trial, atau bisa nawarin disain ad gratis dll.